SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1. 1 Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
Penyimpulan berita
|
o Mendengarkan
isi/sari berita yang dibacakan
o Menuliskan
isi/sari berita yang dibacakan
o Mendiskusikan
isi berita yang ditulis
o Memberikan
tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyimpulkan
isi berita dalam satu alinea.
|
· Mampu
menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
· Mampu
menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
· Tulislah
simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
|
2 X 40’
|
Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
|
Penulisan kembali berita (yang didengarkan)
|
o
Mendengarkan berita yang
dibacakan
o
Mendiskusikan isi/sari berita
o
Mengembangkan isi/sari berita
menjadi berita dengan susunan yang bervariasi
|
· Mampu
menemukan isi/sari berita yang didengarkan
· Mampu
menuliskan kembali berita yang
didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Tuliskan
kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan
yang bervariasi!
|
2 X 40’
|
Teks
berita dari media massa maupun elektronik
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan
informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
Cara menceritakan pengalaman yang mengesankan dan implementasi- nya
|
o
Mendengarkan cerita dari
narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan gambar seri
o
Bertanya jawab tentang gaya
bercerita narasumber
o
Memilih pengalaman yang paling
mengesankan
o
Menyusun kerangka cerita
pengalaman
o
Berlatih bercerita
o
Bercerita berdasarkan kerangka
cerita dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
· Mampu
menulis kerangka cerita pengalaman
· Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka
cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
·
Tulislah kerangka cerita
pengalamanmu!
·
Ceritakanlah pengalamanmu yang
paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan
menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
|
4X40’
|
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
|
Penyampaian pengumuman
|
o
Mencermati model penyampaian teks pengumuman
o
Bertanya jawab tentang gaya
penyampaian pengumuman yang
disampaikan oleh model
o
Menenentukan topik pengumuman
o
Menyusun kerangka pengumuman
o
Berlatih mengumumkan
o
Mengumumkan dengan dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
· Mampu
menulis kerangka pengumuman
· Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah kerangka pengumuman!
·
Umumkanlah secara
lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka
pengumuman yang telah kamu tulis!
|
6X40’
|
Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus
secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca
memindai
|
Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya
|
o
Membaca teks nonsastra
o
Menandai kata-kata baru dan
menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o
Berpasangan untuk menemukan
lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa
mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o
Berpasangan untuk menemukan
makna kata (lema) secara cepat dan
tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa
mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
|
· Mampu
menemukan lema secara cepat dan tepat
· Mampu
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Siswa
dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu
yang ditentukan): ya/ tidak
· Siswa
dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/
tidak
|
2 X 40’
|
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Teks nonsastra
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
|
Penyimpulan isi bacaan
|
o
Membaca bacaan yang terdiri
atas 200 kata atau kelipatannya.
o
Menghitung waktu membaca
o
Menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan bacaan
o
Menghitung Kecepatan Efektif
Membaca (KEM)
o
Menentukan pokok-pokok bacaan
o
Merangkai pokok-pokok bacaan
o
Menyimpulkan isi bacaan
|
· Mampu
membaca cepat 200 kata per menit
· Mampu
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
· Mampu
menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Buka
dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu
kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah
terdengar bel 2 kali!
· Jawablah
beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ... dst.
Hitunglah KEM kamu
· Tuliskan
pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok
bacaan itu!
|
2X40’
|
Stopwatch,
Teks bacaan
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Pembacaan teks perangkat upacara
|
o
Mengidentifikasi berbagai teks
perangkat upacara
o
Membaca dan mencermati teks
perangkat upacara
o
Menandai teks dengan
tanda-tanda intonasi
o
Berlatih membacakan teks
perangkat upacara
o
Membacakan teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
· Mampu
memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
· Mampu
membacakan berbagai teks untuk upacara
dengan intonasi yang tepat
|
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja produk
|
· Berilah
tanda jeda pada berbagai teks perangka
upacara yang terdapat di sekolahmu!
· Bacakanlah
minimal dua teks perangkat upacara
dengan intonasi yang tepat!
|
6 X 40’
|
Teks perangkat upacara
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
Penulisan catatan harian/ pengalaman pribadi
|
o
Mengamati dan mencermati contoh
buku harian/catatan harian
o
Mendiskusikan unsur-unsur yang ada dalam buku harian
o
Menulis pokok-pokok pengalaman
pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o
Mengembangkan pokok-pokok
pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan
menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku
harian.
|
· Mampu
menulis pokok-pokok pengalaman pribadi
yang terjadi dalam suatu hari!
· Mampu
secara rutin menulis kan pengalaman dalam
buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
Tes
Penugasan individual/kelompok
|
Uraian
Proyek
|
· Tulislah
pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
· Tuliskanlah
pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah
bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran
dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk
diparaf!
|
4 X 40’
|
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku harian/ Catatan harian
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
|
|
|
|
|
|||
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
Penulisan surat pribadi
|
o
Mengamati dan mencermati
beberapa contoh surat pribadi dan surat resmi
o
Berdiskusi untuk menentukan
komposisi surat pribadi
o
Menentukan topik surat pribadi
dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa
Indonesianya)
o
Menulis surat pribadi dengan
memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o
Menyunting surat
o
Mengirim surat pribadi ke
alamat yang dituju
|
· Mampu
menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
· Mampu
menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
Tes
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Tes keterampilan
|
· Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan
surat terasji!
· Tulislah
surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa
Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan
surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
|
4 X 40’
|
Berbagai surat pribadi dan surat resmi
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
|
|
|
|
|
|
|||
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
|
Penulisan pengumuman
|
o
Mengamati dan mencermati teks
pengumuman
o
Berdiskusi untuk menentukan
topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya
o
menulis teks pengumuman
dengan bahasa yang efektif, baik, dan
benar
o
menyunting teks pengumuman
o
memajang pengumuman di papan
pamer kelas/sekolah
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok pengumuman
· Mampu
menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah
pokok-pokok pengumuman kegiatan sekolah
· Tulislah
teks pengumuman sesuai dengan pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!
|
4X40’
|
Selebaran Peng-umuman
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
5.
Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng
yang diperdengar kan
|
Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
|
o
Mendengarkan penyajian dongeng
o
Bertanya jawab untuk menemukan
ide-ide yang menarik dari dongeng
o
Merangkai ide-ide menarik
menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
· Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam
dongeng
· Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Identifikasilah
ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
· Rangkaikanlah
ide-ide menarik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga
menjadi hal-hal menarik dari dongeng!
|
2X40’
|
Kaset /CD dongeng
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
|
|
|
|
|
|||
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
|
Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan
implementasi- nya
|
o
Mendengarkan dongeng
o
Mendiskusikan isi dongeng
o
Menunjukkan relevansi isi
dongeng dengan situasi sekarang
|
· Mampu
menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
· Mampu
merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
isi dongeng yang kamu dengarkan secara lisan!
· Bagaimanakah
relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!
|
2 X 40’
|
Kaset
/CD dongeng
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Berbicara
6.
Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Penyampaian cerita
|
o
Menentukan buku cerita yang
menarik berdasarkan persediaan buku di
perpustakaan.
o Membaca buku cerita yang menarik itu.
o
Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
o
Merangkai pokok-pokok cerita
menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o
Berlatih bercerita
o
Bercerita dengan urutan yang
baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
· Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
· Mampu
bercerita dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Tes tertulis
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja
|
· Tulislah
pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam buku cerita yang kamu baca!
· Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
· Berceritalah
dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang
tepat!
|
6 X 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku cerita
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
|
|
|
|
|
|||
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
Penyampaian cerita dengan alat peraga
|
o
Mencermati model bercerita
o
Mendiskuskan suara, lafal,
intonasi, gestur, dan mimik model
o Membaca teks cerita yang menarik.
o
Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
o
Merangkai pokok-pokok cerita
menjadi kerangka cerita yang baik dan menarik
o
Menyiapkan alat peraga
untuk mendukung cerita
o
Berlatih bercerita dengan alat
peraga
o
Bercerita dengan alat peraga
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
· Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
· Mampu
bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Tulislah
pokok-pokok cerita yang terdapat di
dalam teks cerita yang kamu baca!
· Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
· Berceritalah
dengan dukungan alat peraga!
|
4 X 40’
|
Alat peraga
Buku teks
Buku cerita
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan
sastra dengan membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang
dibaca
|
Penceritaan kembali
|
o
Membaca cerita anak
o
Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
o
Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o
Menceritakan kembali cerita
dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
· Mampu
merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
· Mampu
menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
|
Penugasan individual/kelompok
Tes praktik/kinerja
|
Proyek
Uji petik kerja
|
· Tentukan
pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
· Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
· Ceritakanlah
secara tertulis dan/atau lisan dengan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu
baca!
|
6 X 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
Cara berkomentar terhadap buku
cerita dan implementasi- nya
|
o
Membaca cerita anak
o
Menandai hal-hal yang akan
dikomentari
o
Berdiskusi untuk menentukan
bagian/unsur yang perlu
dikomentari dari buku cerita
o
Mengomentari buku cerita yang
dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
· Mampu
menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
· Mampu
mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu
dikomentari
· Bagaimakah
komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?
· Kemukakan
hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!
|
4 X 40’
|
Perpus-takaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM NURUL
ULUM LERAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran,
perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
Penulisan pantun
|
o
Membaca contoh-contoh pantun
o Berdiskusi
untuk menentukan syarat-syarat pantun
o Menulis
materi/bahan konteks pantun
o Menulis
pantun yang memenuhi syarat-syarat
pantun
o Menyunting
pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
· Mampu
menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
· Mampu
menulis pantun
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
· Tulislah
sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis
|
2 X 40”
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
Berbagai jenis pantun
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
Penulisan kembali dongeng
|
o
Membaca/mendengarkan dongeng
o
Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok dongeng dan urutannya
o
Menulis kembali dongeng berdasarkan
urutan pokok-pokok dongeng yang sudah disimpulkan
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok dongeng
· Mampu
menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja
|
· Tentukan
pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!
· Tuliskanlah
dengan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!
|
4 x 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sesuai dengan standar
proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Leran,
....... ....................... 2012
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Bahasa Indonesia
Kepala Sekolah SMP Islam Nurul Ulum Leran
SAHRI ROMDONI, S.Pd. I RUDI HARTONO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar