Senin, 08 Oktober 2012


DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan          : SMP ISLAM NURUL ULUM LERAN
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 2012 -2013
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita


1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat




·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea



1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat


·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan 
·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

Berbicara          
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman


2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif



·    Mampu menulis kerangka  cerita  pengalaman
·    Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif



2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na


·    Mampu menulis kerangka pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana


Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca


3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai



·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan



3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit


·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit
·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan


3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat


·    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
·    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat

Menulis            
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar



·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!



4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa


·    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif



4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar


·    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
·    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif


Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan


·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng


5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang


·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita


6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat



·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat


6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga


·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·    Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita

Membaca          
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca



·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·    Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.


7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca


·    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Menulis           
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng


8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun



·    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
·    Mampu menulis pantun



8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar

·    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
·    Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng

Jumlah


Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Islam Nurul Ulum Leran




SAHRI ROMDONI, S.Pd.I

Leran, …… ..........…………  2012
Guru Mapel Bahasa Indonesia




RUDI HARTONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar