DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMP ISLAM NURUL ULUM
LERAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran : 2012 -2013
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1. 1 Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
|
· Mampu menulis isi/sari
berita yang didengarkan/dibacakan
· Mampu
menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
|
|
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
|
|
· Mampu
menemukan isi/sari berita yang didengarkan
· Mampu
menuliskan kembali berita yang
didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
|
· Mampu
menulis kerangka cerita
pengalaman
· Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka
cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
|
|
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
|
|
· Mampu
menulis kerangka pengumuman
· Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
|
Membaca
3.
Memahami ragam teks nonsastra dengan
berbagai cara membaca
|
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus
secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca
memindai
|
|
· Mampu menemukan lema secara
cepat dan tepat
· Mampu
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
|
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
|
|
· Mampu
membaca cepat 200 kata per menit
· Mampu
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan |
|
|
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
|
· Mampu
memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
· Mampu
membacakan berbagai teks untuk upacara
dengan intonasi yang tepat
|
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
|
· Mampu
menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu
hari!
· Mampu
secara rutin menulis kan pengalaman dalam
buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
|
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
|
· Mampu
menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
· Mampu
menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
|
|
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
|
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok pengumuman
· Mampu
menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang
diperdengarkan
|
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng
yang diperdengar kan
|
|
· Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam
dongeng
· Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
|
|
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
|
|
· Mampu
menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
· Mampu
merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
|
Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan
perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
· Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
· Mampu
bercerita dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
|
|
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
· Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
· Mampu
bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
|
|
Membaca
7. Memahami isi berbagai teks
bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang
dibaca
|
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
· Mampu
merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
· Mampu
menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
|
|
|
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
|
· Mampu
menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
· Mampu
mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
|
Menulis
8. Mengekspresikan pikiran,
perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
|
· Mampu
menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
· Mampu
menulis pantun
|
|
|
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok dongeng
· Mampu
menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP
Islam Nurul Ulum Leran
SAHRI ROMDONI, S.Pd.I
|
|
Leran, …… ..........………… 2012
Guru
Mapel Bahasa Indonesia
RUDI HARTONO
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar